Laptop Normal Setelah 10 Menit Mati Sendiri

Apa penyebab laptop bisa dinyalakan normal dan baik-baik saja namun setelah kira-kira 10 sampai 30 menit mati sendiri? Ada beberapa langkah yang harus kita lakukan untuk mencari tahu penyebab masalah laptop ini sehingga kita bisa memperbaikinya dengan tepat. Ikuti langkah-langkah dibawah ini.
1. Kira-kira setelah 5 menit, atau setelah laptop agak panas ( cek menggunakan tangan di bagian bawah laptop untuk merasakan panasnya ) pastikan kipas processor menyala atau berputar. Putaran kipas bisa dirasakan di bagian ventilasi pembuangan hawa panas dibagian samping atau belakang, tergantung model laptopnya. Atau jika tidak ada hembusan udara kipas, bisa didengarkan dengan menempelkan telingan di bagian yang dekat dengan ventilasi pembuangan hawa panas prosesor.
2. Jika kipas tidak berputar, tunggu sampai laptop lebih panas lagi, jika tetap tidak menyala sampai laptop mati sendiri berarti masalah ada pada kipas prosesor, mungkin telah mati, atau kontrol di bagian motherboard rusak.
3. Jika kipas berputar namun tidak ada hawa panas yang keluar di bagian ventilasi pembuangan hawa panas prosesor, atau udara yang keluar sangat halus dan pelan maka heatsink atau pendingin prosesor kotor sehingga hawa panas tidak bisa maksimal keluar dan prosesor overheat. Bungkar dan bersihkan.

Pada umumnya Laptop yang mati sendiri setelah beberapa menit menyala normal disebabkan karena kotornya heat sink atau pendingin prosesor yang menyebabkan hawa panas dari prosesor tidak bisa keluar dengna maksimal dan panas prosesor melebihi batas maksimal dan laptop melakukan proteksi (self protection) dengan memutuskan power source dan laptoppun mati sendiri

tumblrStumbleUponRedditLinkedInTwitterFacebookDiggGoogle+

Leave a Reply